Sabtu, 22 Januari 2011

Mukadimah Kursus Penyiar Radio Profesional



Mukadimah Kursus Penyiar Radio Profesional
Oleh : Team Indonesian Broadcaster
Jakarta, 22 Januari 2011


Bismillaahirrohmaanirrohiim
Assalamu'alaykum warohmatullaahi wabarokaatuh


Dengan mengharap ridha dari Allah subhanahu wa ta'ala, Rabb kami yang Mahamenentukan lagi Mahamemberi-kemudahan kepada segala hal yang dikehendaki-Nya, semoga niat--upaya--serta kerja sama yang kami kerjakan disini diberkahi-Nya serta membawa banyak manfaat, amin yaa Robbal'alamiin...

Sahabat pecinta siaran radio di Indonesia...

Apabila anda sudah memutuskan diri untuk terjun dalam dunia kepenyiaran radio, insyaAllah profesi ini cukup bergengsi dan menjanjikan banyak hal yang sejalan dengannya. Hal ini dapat kita saksikan lewat 'booming-nya' bisnis siaran radio, berkorelasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Begitu juga dengan maraknya Perguruan Tinggi yang menyertakan jurusan kepenyiaran, lantaran mendapati animo yang begitu besar dari calon mahasiswa untuk mata kuliah tersebut. Sayangnya, belum seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia menyediakan mata kuliah ini, sehingga peminat disiplin ilmu Broadcasting dari daerah, terpaksa harus berkuliah di kota-kota besar yang secara umumnya telah menyelenggarakannya.

Untuk itu izinkan kami menawarkan beberapa solusi yang menguntungkan, dan sejalan dengan permasalahan di atas :

1. Jika anda tidak punya waktu untuk kuliah selama 4 tahun.
2. Jika Perguruan Tinggi di daerah membutuhkan tenaga pendidik profesional (Dosen Terbang) khusus untuk mata kuliah Produksi dan Program siaran radio, serta Kepenyiaran (Radio DJ).
3. Jika Perusahaan Radio di daerah membutuhkan pembenahan--pendidikan--dan pelatihan untuk divisi Produksi, Program, serta Kepenyiaran secara profesional.

Secara ringkas dapat kami jelaskan maksud dari 3 (tiga) penawaran solusi tersebut, yang masing-masingnya sebagai berikut :

1. Setelah kami terjun langsung dan berbagi (mengajar) di beberapa Perguruan Tinggi ternama di Jakarta yang memiliki jurusan ilmu Komunikasi dan Broadcasting, insyaAllah kami mendapati beberapa debilitas yang sesungguhnya merugikan mahasiswa, seperti;

a. Minimnya alat penunjang latihan dan praktek,
b. (sehingga) Minimnya pula mahasiswa melakukan latihan serta praktek,
c. Dosen-dosen pengajar kebanyakan bukan pelaku profesional yang mahir dalam bidangnya, bukan profesional yang kreatif, serta kurang berkemampuan dalam memberikan solusi.
d. Kebanyakan dari para Dosen itu pun bukan Motivator yang baik dan gigih (sekadar melaksanakan tugas), dan masih berpola kepada 'text book thinking' serta konsep hapalan.
e. Waktu belajar atau sistem kurikulum yang tidak efektif, dan pada kenyataannya (maaf), Perguruan Tinggi tidak menjamin apa-apa kepada mahasiswanya yang telah lulus selain daripada sertifikat.

Sesungguhnya dalam Islam dinyatakan bahwa segala perbuatan itu bergantung kepada niat, meski Islam juga membolehkan umat-nya menjemput rezeki sebanyak-banyaknya dengan cara baik dan benar. Begitu juga ilmu dan pengetahuan, semuanya pasti bersumber dari Allah subhanahu wa ta'ala yang dititipkan kepada siapa pun manusia yang di kehendaki-Nya. Namun masalahannya, apakah manusia itu bersedia mengamalkan ilmu yang dititipkan ini dengan cara baik dan benar serta menjemput ridha-Nya, atau sebalik-Nya !?

Alhamdulillah, bersama ilmu Broadcasting yang dititipkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala kepada kami, insyaAllah terbentuk metodologi pelatihan dan pembelajaran yang dapat memperbaiki debilitas sebagaimana tersebut di atas, sehingga anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu selama 4 tahun belajar di Perguruan Tinggi untuk menempatkan diri menjadi Profesional Radio DJ. Akan tetapi cukup dalam tempo 1 s/d 2 bulan saja anda benar-benar mengikuti metodologi pelatihan dan pembelajaran yang kami selenggarakan, insyaAllah cita-cita itu dapat segera diwujudkan. Pelaksanaan pelatihan dan pembelajaran ini pun dapat dilakukan secara perorangan (privat), maupun kelompok.

2. Sebagaimana penjelasan pada poin 1 (satu), insyaAllah juga merupakan 'hujjah' kami selaku Dosen Terbang, untuk melakukan transfer ilmu Broadcasting khusus mata kuliah Produksi--Program--serta Siaran Radio, sesuai kebutuhan Perguruan Tinggi Daerah yang menyelenggarakan mata kuliah tersebut.

Untuk keterangan lebih lengkap atau bentuk kerjasama yang dapat dilakukan, insyaAllah anda dapat menanyakannya di sini atau menghubungi kami pada alamat dan nomer-nomer telpon yang kami cantumkan di situs ini.

3. Agaknya sudah menjadi rahasia umum apabila siaran radio di daerah senantiasa meniru secara telak apapun yang dijadikan 'Positioning' atau pencitraan bagi siaran radio di kota-kota besar. Dalam hal ini khususnya Jakarta. Jika mau jujur, padahal radio-radio di Jakarta yang mereka jadikan sebagai panutan, ternyata punya banyak kesulitan untuk mencapai kesuksesan sebagaimana gambaran glamoritas diri yang mereka kondisikan lewat pengudaraan siaran-siarannya.

Nah apabila pemimpinnya saja bernasib seperti itu, lantas bagaimana pula nasib 'follower-nya'? Bukankah mengikuti atau mengekor itu akan senantiasa berada di belakang !?

Apabila Sahabat radio di daerah bersedia mencerna argumentasi ini dengan bijaksana, insyaAllah anda pun akan berbesar hati untuk menerimanya dan memperbaiki ketidak-efektifan upaya selama ini, wallahua'lam bish-showab.

Kembali sebagaimana keterangan singkat pada poin 1 (satu), insyaAllah kami juga dapat memberikan option baru yang lebih baik untuk memajukan usaha anda, serta menyelenggarakan pelatihan dan pembelajaran bagi seluruh Divisi Penyiaran dari Perusahaan Radio yang anda kelola. Untuk keterangan lebih lengkap atau bentuk kerjasama yang dapat dilakukan, insyaAllah anda dapat menanyakannya di sini atau menghubungi kami pada alamat dan nomer-nomer telpon yang kami cantumkan di situs ini.

 

Demikian mukadimah ini kami buat dengan sebenar-benarnya, dan selanjutnya kami silakan anda untuk mengikuti info-info berharga lainnya dari situs ini. Semoga berkenan dan dapat bermanfaat, Allahumma amiin...



Barakallaahu fiekum
Wassalamu'alaykum wr.wb.
# Indonesian Broadcaster #





1 komentar:

Jeanny Dive mengatakan...

Subhanallah, walhamdulillah, wa laa ilaaha illa Allah, Allahu Akbar...

Yes it is, way it go TEAM...!!!